12 Camilan untuk Penderita Diabetes, Enak, Sehat, dan Aman

Jakarta, CNN Indonesia

Penderita diabetes memiliki sejumlah pantangan makanan. Mereka harus menghindari makanan dan minuman tinggi gula, lemak jenuh, serta tinggi sodium atau garam.

Meski begitu, penderita diabetes tetap boleh menikmati makanan ringan sebagai selingan. Namun, camilan untuk diabetes ini tentu tidak sembarangan.

Sebisa mungkin pilih jenis camilan yang mengandung protein, lemak sehat, serat, dan bervitamin, supaya kadar gula darah dalam tubuhnya tetap stabil.

Camilan untuk Diabetes




Royal gala apples on wooden backgroundIlustrasi. Rekomendasi camilan untuk penderita diabetes (iStockphoto/aluxum)

Dirangkum berbagai sumber, berikut rekomendasi camilan enak, sehat, dan aman untuk penderita diabetes.

1. Apel

Potongan buah apel yang dicocol dengan selai kacang bisa menjadi ide camilan sehat penderita diabetes.

Apel kaya akan vitamin B, vitamin C, potasium, dan antioksidan polifenol, sehingga bermanfaat menjaga sel pankreas dari kerusakan yang dapat memperburuk diabetes.

2. Alpukat

Kandungan serat tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat sangat ramah untuk diabetes.

Meski diperkaya asam lemak, Anda tetap harus mengontrol asupan alpukat supaya tidak berlebihan. Idealnya alpukat boleh dimakan satu buah per orang per hari.

3. Popcorn

Jagung popcorn termasuk makanan ringan rendah kalori yang masih aman dikonsumsi. Per 8 gram popcorn hanya memuat 31 kalori.

Untuk penderita diabetes, popcorn yang akan dikonsumsi tidak boleh mengandung tinggi garam atau memakai gula tambahan.

4. Puding biji chia




Two glasses of chia seed pudding with fresh berry fruits and mint topping for the breakfastIlustrasi. Chia pudding termasuk salah satu camilan untuk penderita diabetes (iStockphoto/Getty Images)

Puding biji chia kaya dengan nutrisi untuk membantu menstabilkan gula darah, termasuk protein, serat, dan asam lemak omega-3.

Selain itu, makan biji chia juga terbukti efektif menurunkan kadar trigliserida yang baik bagi kesehatan jantung.

5. Yoghurt Yunani

Yogurt Yunani atau Greek yoghurt mengandung dua kali protein lebih tinggi, dan hanya setengah dari karbohidrat pada yogurt biasa.

Penderita diabetes sebaiknya pilih varian yogurt tawar atau plain. Sebab yogurt dengan varian rasa umumnya mengandung gula atau pemanis tambahan yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

6. Telur rebus

Telur rebus juga cocok dijadikan camilan untuk diabetes. Di dalamnya terdapat sumber protein yang rendah karbohidrat.

Setiap satu butir telur rebus setidaknya mengandung sekitar 6,29 gram protein yang membantu menekan lonjakan gula darah.

7. Roti gandum selai kacang




Ilustrasi Selai KacangIlustrasi. Roti gandum selai kacang termasuk salah satu camilan untuk diabetes (Stevepb/Pixabay)

Selai kacang memuat lemak sehat dan protein. Saat dipasangkan dengan roti gandum, keduanya dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan mencegah ngemil berlebih.

Tak cuma itu, selai kacang diketahui mengandung magnesium tinggi yang efektif mengatur kadar gula darah.

8. Kacang almond

Kacang almond mempunyai banyak vitamin, mineral, dan lemak sehat. Hasil penelitian menunjukkan, almond dapat mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Rutin mengonsumsi almond ke dalam menu makanan harian selama 24 minggu, diklaim bisa menurunkan kadar gula darah hingga 3 persen.

9. Edamame rebus

Kacang kedelai atau edamame rebus termasuk camilan enak, sehat, dan bergizi untuk penderita penyakit diabates.

Edamame mengandung senyawa isoflavon yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

10. Keju cottage




Crispy bread crackers with cottage cheese and green herb on plate on white background. Top view.Ilustrasi. Keju cottage termasuk salah satu camilan untuk penderita diabetes (iStockphoto/LumenSt)

Keju cottage, ricotta, mozzarella adalah camilan gurih tapi enak, serta bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dalam setiap keju cottage ini memuat sumber protein tinggi. Anda dapat mengonsumsinya dengan roti gandum atau biskuit.

11. Salad tuna

Salad tuna yang dibuat dengan campuran mayones dan bawang bombay boleh dimakan penderita diabetes sebagai isian roti gandum.

Daging ikan tuna atau tuna kalengan, rata-rata memuat 20 gram protein dan asam lemak omega-3 untuk menurunkan peradangan dan meningkatkan kontrol gula darah.

12. Protein bar

Camilan untuk diabetes berikutnya yaitu protein bar. Alih-alih membeli, Anda dapat membuat camilan sehat ini sendiri di rumah.

Bahannya cukup campur bubuk whey, selai kacang, tepung oat, lalu simpan dalam freezer agar beku. Setelah beku, Anda dapat memotong protein bar menjadi beberapa bagian dan bisa dinikmati dengan yoghurt plain.

(avd/fef)



[Gambas:Video CNN]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *