Indonesia Sehat Berseri – metrotvnews.com

27 January 2023 22:54



Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, cakupan imunisasi lengkap di Indonesia mengalami penurunan selama covid-19. Di tahun 2020 mencapai 84,2%, namun turun di tahun berikutnya menjadi 79,6%.

Hal tersebut cukup mengkhawatirkan karena imunisasi adalah dasar utama bagi kita untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. 

WHO menyatakan imunisasi telah menyelamatkan lebih banyak nyawa dari pengobatan medis lainnya. Imuniasasi adalah investasi kesehatan karena bisa mencegah penyakit dengan biaya lebih murah dibandingkan mengobati seseorang apabila jatuh sakit.

Imunisasi bekerja dengan memberikan antigen bakteri atau virus tertentu yang telah dilemahkan atau dimatikan. Tujuannya, untuk merangsang sistem imun tubuh, sehingga antibodi terbentuk.  Antibodi ini yang akan melawan virus atau bakteri jahat. 

Selain untuk mencegah penularan penyakit, imunisasi juga bisa mencegah kematian, kecacatan, dan meningkatkan status kesehatan anak yang berdampak pada kualitas tumbuh kembangnya di masa depan. 

Karena dampak imunisasi yang besar, pemerintah bahkan wajib memberi imunisasi yang lengkap kepada setiap bayi dan anak. Hal itu bahkan dijelaskan di UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009. 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *