Dispora Belitung Siapkan Anggaran Porprov Rp7 Miliar

TANJUNGPANDAN, BABEL NEWS – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Belitung telah menganggarkan kegiatan pekan olahraga provinsi (Porprov) 2023 senilai Rp7 miliar. Dana tersebut khusus untuk training center (TC) atlet sampai pada keberangkatan kontingen ke Bangka Barat. Termasuk sebagian kecil bonus atlet.

“Anggaran kegiatan Porprov (tahun) ini agak berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena ada kevakuman kepengurusan KONI, sehingga TAPD (tim anggaran pemerintah daerah) dan banggar (badan anggaran) DPRD mengambilnya inisiatif, karena membawa nama daerah dari olahraga, maka sistem penganggaran melalui mekanisme dana kegiatan Dispora,” ujar Kepala Dispora Kabupaten Belitung Junaidi.

Ia menjelaskan, sesuai arahan Sekretaris Daerah Belitung, sistem pengangguran Porprov 2023 tidak menggunakan anggaran hibah KONI, tapi menjadi anggaran kegiatan di dispora melalui bidang peningkatan prestasi olahraga. Untuk kegiatan porprov dianggarkan sebesar Rp7 miliar, sedangkan Rp1 miliar untuk dana operasional KONI.

Selanjutnya untuk bonus atlet dan pelatih nanti akan dianggarkan di anggaran belanja tambahan (ABT). Sehingga jika capaian prestasi secara umum tinggi, maka bonus yang akan diterima lebih besar. Dengan demikian, ia berharap hal ini dapat memotivasi atlet untuk meningkatkan prestasi.
Junaidi juga menyebut bahwa peran KONI tetap menjadi yang utama dalam membina atlet. Hanya saja sistem penganggaran yang melalui dispora.

“Karena cabor ini di bawah KONI, nama atlet itu nama KONI. Cuman tidak langsung pendanaan melalui KONI tapi melalui dispora,” ujarnya.
Menurut dia, rencana penganggaran untuk TC sudah dimulai pada Januari, hanya proses pencairan yang belum bisa dilakukan disaat yang sama. Junaidi mengatakan untuk pelaksanaan TC, KONI harusnya berkoordinasi dengan bidang peningkatan prestasi olahraga dispora.

Berdasarkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), anggaran untuk pelaksanaan TC Porprov 2023 di Kabupaten Belitung berlangsung dari Januari-Juli.
Menurut Plt Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kabupaten Belitung Sukaria, dari hasil koordinasi dengan Ketua Umum KONI Belitung, rencananya launching TC dan tes parameter akan dilakukan per 1 Februari 2023.

“Dari struktur anggaran dari Januari sudah boleh, hanya pencairan di Februari mengingat proses administrasi pencairan masih perlu dilengkapi, hitungannya sudah,” kata dia.

Dalam anggaran Rp7 miliar yang disiapkan dapat digunakan para atlet untuk TC termasuk uang saku, perlengkapan latihan, suplemen, makan-minum, seragam, fitnes, sehingga semuanya terangkum. Termasuk nanti selama kontingen berada di Bangka Barat. (del)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *